Jumat, 25 Mei 2018

Field Study Prodi SISTEM INFORMASI Ke TVRI SUMBAR

Field Study Sistem Informasi kali ini melakukan kunjungan ke TVRI SUMBAR, dimana kita disini melihat dunia penyiaran dan pers dari sudut pandang  Sistem Informasi. Awal mulanya kami diberi pengarahan oleh pihak TVRI SUMBAR sebelum kunjungan ke beberapa ruangan disana. TVRI SUMBAR ini merupakan stasiun relay dan lebih mengedapankan tayangan tentang masyarakat daerah. Untuk tayangan livenya TVRI SUMBAR hanya 4 jam dalam sehari. Tvri ini merupakan stasiun tv lokal. Tidak sama halnya dengan stasiun tv swasta, yang milik pribadi yang penyangannya bebas asal sesuai dengan UU ynag berlaku.
TVRI merupakan stasiun televisi  tertua di Indonesia yang jangkauannya mencapai seluruh Indonesia. Dimana memiliki 1 stasiun pusat di Jakarta. Kegiatan selanjutnya dilanjutkan dengan kunjungan ke beberapa ruangan, dengan membagi kami menjadi dua kelompok. Ruang yang pertama, ruangan ini digunakan untuk pengiriman file-file via VPN (Virtual Private Network ) ke transmisi lainnya. Di ruangan ini terdapat juga jantungnya system penyiaran yang alatnya bernama SPG (Sin Plas Generator).
Selanjutnya, ruangan pembacaan berita. Disini biasanya penyampaian berita ranah minang. Ada hal yang menarik di ruangan ini, ternyata para pembaca berita hanya membaca tulisan yang ada di monitor lalu dipantulkan oleh kamera yang ada didalam monitor itu agar pembaca berita tersebut tidak keliatan dalam membaca berita. Di ruangan ini juga terdapat layar menampilkan tayangan berita secara langsung.
Di ruangan selanjutnya, tempat pengeditan beberapa video dan juga proses pendubbing-an. Biasanya penyampaian materi tidak hanya dengan gambar atau video saja, ditambah dengan suara jauh lebih menarik. Kreatifitas sangat dituntut disini sepertinya. Disudut kanan dalam ruangan tersebut terdapat tempat untuk dubbing. Program untuk pengeditan video tersebut adalah adobe primer.
Ruangan yang terakhir, ruang control penayangan siaran televisi. Beberapa tayangan dengan video yang diedit akan disusun sesuai jam tayangnya. Di ruangan ini juga menarik menurut saya, karena penayangan siaran televisi tidak akan sukses jika tidak di control dengan baik. Di ruangan ini bersebelahan dengan studio.
Di studio ini rencana awalnya kami peseta filed study akan menyaksikan salah satu siaran yang akan ditayangkan oleh pihak TVRI tetapi karena ada kendala sistem kami hanya biasa melihat kondisi studio itu. Dimana sebelumya ada pengambilan gambar dengan Ketua KPK.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar